Teks Diskusi

Kegiatan diskusi tentunya termasuk kegiatan yang seringkali dilakukan dalam masyarakat. Dalam diskusi sendiri biasanya akan ada teks diskusi. Teks tersebut seringkali digunakan untuk menyajikan antara berbagai pendapat yang tidak sama mengenai suatu hal baik itu pro maupun kontra.

Dengan begitu suatu diskusi akan bisa berjalan dengan lancar dan menemukan solusi mengenai hal yang sedang di diskusikan. Penggunaan teks ini sendiri seringkali kita temui dalam suatu rapat RT,OSIS maupun pertemuan resmi di perusahaan dan pemerintahan.

Tak heran jika teks ini dianggap cukup penting dan alasan ini jugalah kenapa pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai teks diskusi. Disini Anda bisa mengetahui pembahasan tentang tujuan dan fungsi, struktur, dan jenis teks diskusi.

Tujuan dan Fungsi Teks Diskusi

Teks Diskusi

Secara umum tujuan dari penulisan teks diskusi supaya proses pencarian kesepakatan atau kepahaman pendapat maupun gagasan dalam kelompok atau beberapa orang bisa lebih mudah. Dalam diskusi kelompok sendiri seorang pemimpin dangat diperluikan

Adapun tugas utama dari pemimpin atau ketua diskusi yaitu membuka, mengarahkan jalannya diskusi dan menutup diskusi. Selain itu seorang ketua diskusi juga harus bisa membangkitkan minat para anggota dalam menyampaikan pendapatnya, menengahi perdebatan dan menyimpulkan hasil

Untuk fungsinya teks diskusi seringkali digunakan dalam melihat sebuah masalah dari berbagai pandangan sebelum akhirnya membuat keputusan dari hasil diskusi tersebut

Struktur Teks Diskusi

Teks Diskusi

Setiap teks pasti mempunyai strukturnya masing-masing. Struktur umum dari teks diskusi pada dasarnya terdiri dari empat yaitu isu, argumen pendukung, argumen penolakan dan kesimpulan. Adapun penjelasan lengkapnya bisa kamu simak berikut ini:

  • Isu, di struktur pertama ini berisi tentang masalah yang menjadi bahan diskusi. Bahan diskusi sendiri biasanya memang akan mengambil isu yang sedang panas dimasyarakat.
  • Argumen Pendukung, isi dari argumen ini ialah alasan atau pendapat yang sifatnya mendukung suatu hal yang jadi masalah utama diskusi. Jadi setelah selesai menyampaikan masalah, penulis bisa menyampaikan pendapatnya.
  • Argumen Menentang ini memuat tentang pendapat atau argumen yang menolak, menentang atau tidak setuju dengan argumen pendukung. Di tahap ini senulis harus mampu menjelaskan pendapat yang dilengkapi dengan alasan dan bukti dari sudut yang kontra
  • Kesimpulan merupakan struktur terakhir karena isinya sendiri juga hasil akhir dan rekomendasi mengenai suatu isu. Singkatnya kesimpulan ini merupakan jalan tengah antara pendapat pro dan kontra

Setelah mengetahui struktur diatas, kamu bisa langsung menulis teks diskusi yang tentunya juga harus disesuaikan dengan jenisnya.

Jenis-Jenis Teks Diskusi

Teks Diskusi

Teks diskusi pada umumnya mempunyai beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut pastinya mempunyai perbedaan baik dari tujuan, anggota maupun pembahasan yang terdiri dari:

1. Seminar

Tesk diskusi jenis ini dibuat dengan tujuan khusus yang mempunyai teknis dan akademis yang fokusnya untuk melakukan studi secara menyeluruh mengenai suatu topik, studi tersebut dilakukan demi memecahkan permasalahan dan memerlukan interaksi.

Interkasi dari para peserta seminar ini mempunyai peran yang penting. Selain itu seorang guru atau cendekia juga harus membantu jalannya seminar ini

2. Sarasehan

Sarasehan diartikan sebagai suatu pertemuan dengan tujuan untuk mendengarkan pendapat dari seorang ahli di bidang tertentu. Adapun kegiatan yang satu ini biasanya akan dilakukan dengan cara mengundang sekelompok undangan tertentu untuk berpartisipasi

3. Simposium

Simposium merupakan teks diskusi yang berisi tentang rangkaian pidato pendek dari seseorang yang dilakukan di depan para peserta atau partisipan yang datang.

4. Diskusi Panel

Diskusi Panel bisa diartikan sebagai suatu forum yang bisa digunakan untuk bertukar pikiran. Diskusi ini biasanya dilakukan oleh sekelompok orang yang berdiskusi tentang suatu masalah yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Diskusi ini juga membahas topik mengenai kelebihan masyarakat atau pendegar yang mengikuti diskusi tersebut. Dari situ nantinya akan mendapatkan kesimpulan atau hasil diskusi sesuai dengan harapan.

5. Muktamar

Muktamar dapat diartikan sebagai suatu pertemuan permusyawaratan tinggi. Adapun muktamar ini biasanya diadakan oleh pemimpin pusat di suatu organisasi dimana yang hadir hanya para perwakilan organisasi saja.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengambil keputusan dari suatu masalah yang sedang dihadapi bersama-sama di dalam suatu organisasi tersebut. Intinya diskusi jenis ini tidak bisa dihadiri semua orang.

6. Lokakarya

Lokakarya merupakan sebuah pertemuan atau acara yang dilakukan oleh orang yang ahli pada bidang tertentu. Adapun tujuan dari pertemuan ini biasanya untuk membahas masalah yang erat hubungannya dengan keahlian mereka.

Selanjutnya dari pertemuan tersebut selain membahas masalah mereka juga akan bertukar pikiran untuk mendapatkan solusi terbaik dari permasalahan tersebut.

7. Kongres

Jenis teks diskusi yang terakhir ini biasanya merupakan pertemian besar yang dilakaukan oleh para wakil organisasi. Organisasi disini beragam bisa organisasi sosial, politik maupun profesi.

Mereka mengadakan kongres ini untuk mendiskusikan suatu masalah supaya akhirnya bisa mengambil keputusan yang terbaik untuk semua pihak.

Pengetahuan tentang berbagai jenis teks dan acara diskusi diatas akan memudahkan kita dalam melakukan penyusunan teks diskusi. Untuk itulah sebelum membuat susunan teks pastikan Anda memahami masing-masing jenis teks dan acara diskusi diatas.

Cara Menyusun Teks Diskusi yang Benar

Teks Diskusi

Dalam menyusun sebuah teks diskusi tentunya tidak bisa dilakukan secra asal-asalan karena menyangkut banyak orang. Untuk itulah penyusunan harus memperhatikan beberapa hal penting dan dilakukan dengan beberapa langkah.

Setiap langkah tersebut dilakukan dengan hati-hati dan teliti supaya diskusi bisa berjalan lancar dan menghasilkan solusi terbaik. Adapun langkah-langkah dari penyusunan teks diskusi diantaranya:

  • Langkah pertama kamu harus menentukan Topik masalah atau Isu yang akan di diskusikan terlebih dahulu. Sebagai contoh kamu bisa memilih topik tentang sosial media, perkembangan teknologi, tentang narkoba, kenakalan remaja dan lain sebagainya
  • Selanjutnya kamu juga harus menentukan tujuan dari diskusi tersebut dan mampu memberi penjelasan mengenai pro dan kontra dari suatu pembahasan. Adapun tujuan diskusi secara umum pastinya untuk menemukan solusi dari suatu masalah
  • Kemudian kamu lanjutkan dengan mencari data atau informasi mengenai topik atau isu diskusi yang dipilih. Usahakan data yang kamu dapatkan selengkap dan sejelas mungkin supaya kamu memahami dengan baik masalah dan bisa mencari solusi terbaik.
  • Susunlah karangan teks dalam poin-poin yang singkat dan jelas. Tuliskan poin yang paling penting dan sekiranya menarik dan harus bisa dikembangkan tentunya
  • Lalu lanjut dengan mengembangkan karangan diatas supaya bisa menjadi teks diskusi
  • Apabila ada yang kurang atau salah kamu harus merevisi atau menyunting teks tersebut. untuk itulah kamu harus mengoreksi lagi teks yang disusun supaya bisa tahu jika ada kesalahan untuk kemudian dibetulkan dengan revisi.

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai teks diskusi di aiccon mulai dari tujuan dan fungsi, struktur, jenis dan cara menyusunnya kamu bisa langsung mulai menulis teks diskusi. Namun sebelum itu kamu juga harus memastikan lagi topik dan juga anggota yang nantinya akan kamu ajak diskusi.