Metode Penelitian

Metode Penelitian – Dalam penyusunan suatu tulisan ilmiah pasti membutuhkan metode penelitian. Metode tersebut dijadikan sebagai kaidah dan juga aturan yang harus diikuti dalam proses menulis ilmiah maupun penelitian demi menghasilkan tulisan yang valid.

Selain itu, metode penelitian sendiri juga dibagi menjadi beberapa jenis. Apa sajakah itu? Mari simak pembahasan lengkap dari aiccon.id mengenai pengertian metode penelitian, tujuan serta jenis-jenisnya hanya disini.

Pengertian Metode penelitian

Pengertian Metode penelitian

Pengertian metode penelitian menurut berbagai ahli mempunyai banyak versi, namun secara umum bisa diartikan sebagai suatu cara ilmiah dalam memperoleh data untuk sebuah tujuan dan fungsi tertentu. Adapun cara ilmuan tersebut maksutnya semua kegiatan harus berdasarkan ciri keilmuan.

Ciri-ciri keilmuan sendiri terdiri dari tiga yang pertama Rasional artinya kegiatan penelitian harus dilakukan dengan masuk akal supaya mampu dijangkau oleh penalaran manusia. Kedua ada sistematis.

Sistematis artinya proses yang digunakan dalam penelitian haruslah menggunakan langkah yang sifatnya logis. Terakhir ada empiris dimana penelitian yang dihasilkan harus mempunyai kriteria seperti valid, objektif dan realiabel.

Dengan menggunakan ketiga  ciri-ciri keilmuan diatas diharapkan metode penelitian akan mampu menghasilkan tujuan yang diinginkan. Hasilnya pun diharapkan bisa sesuai harapan.

Tujuan Metode Penelitian

Tujuan Metode Penelitian

Penelitian mempunyai banyak jenisnya yang pasti mempunyai tujuannya sendiri-sendiri. Adapun tujuan metode penelitian yang harus kamu tahu diantaranya:

1. Tujuan Secara Umum

Secara umum penelitian dilakukan untuk mendapatkan beberapa hal seperti:

  • Mendapatkan pengetahuan atau penemuan baru yang belum pernah ditemukan dipenelitian lain
  • Mendapatkan bukti nyata mengenai data yang sudah ada
  • Menguji kebenaran dari data yang sudah ada sebelumnya
  • Mengembangkan pengetahuan yang sudah ada secara mendalam

2. Tujuan Secara Praktis

secara praktis tujuan penelitian supaya mendapatkan dan mencari pengetahuan yang nantinya bisa dimanfaatkan langsung dalam kehidupan. Jenis dari penelitian seperti ini dikenal juga dengan nama applied research

setelah mengetahui tujuan dari suatu penelitian selanjutnya kamu bisa memilih jenis metode penelian yang paling sesuai dengan penelitian yang sedang Anda lakukan.

Jenis-Jenis Metode Penelitian

Jenis-Jenis Metode Penelitian

Secara umum dalam penulisan skripsi, tesis dan disertasi metode penelitian yang sering digunakan ada tiga yaitu kuantitatis, kualitatid dan kombinasi. Namun pada kenyataanya jenis metode penelitian tak hanya tiga tersebut dan masih banyak lagi yang bisa kamu simak dibawah ini:

1. Metode Kualitatif

Metode Kualitatif adalah metode yang sifatnya deskriptif dimana metode ini berfokus pada pemahaman yang mendalam mengenai suatu masalah. Metode ini lebih menekankan pada kualitas tentang gambaran yang jelas dan detail

Tak hanya itu saja adanya kenyataan di lapangan biasangan cenderung lebih banyak memanfaatkan analisis. Metode yang satu ini berusaha menyikap makna dan pengalaman dari suatu subjek penelitian pada suatu fenomena yang tentunya.

Fenomena tersebut tentunya tak bisa kamu ukur dengan mudah menggunakan angka atau numerik. Untuk itulah metode ini sangat diperlukan

2. Metode Kuantitatif

Metode kualitatif bisa dianggap sebagai suatu metode yang menggunakan data berupa angka dan proses penelitian. Adapun fokus dari metode ini adalah hasil dari pengukuran yang objektif dengan menggunakan analisis statik.

Untuk itulah metoide ini juga sangat fokus dalam proses pengumpulan data dan melakukan berbagai generalisasi demi menjelaskan fenomena khusus yang dialamo oleh suatu populasi. Sebagai contoh Anda berniat meneliti hubungan tempat tinggal dan pendapatan.

3. Metode Kombinasi

Metode penelitian kombinasi bisa diartikan sebagai suatu metode yang berlandaskan pada kombinasi positivisme dan postpositifisme. Metode ini biasanya digunakan dalam meneliti suatu keadaan objek yang alamiah maupun buatan.

Adapun hasil dari penelitian kombinasi ini nantinya bisa digunakan dalam proses membuat generalisasi dan memahami makna yang ada. Untuk itulah dalam beberapa penelitian metode yang satu ini cukup sering digunakan

4. Metode Survei

Metode survei bisa diartikan sebagai suatu metode penelitian yang menggunakan angkat atau kuesioner sebagai cara dalam pengumpulan data penelitian. Adapun sumber data utamanya biasnaya didapat dari respondeng yang merupakan sampel penelitian

Kuesioner tersebut diarahkan atau difokuskan pada responden yang dianggap mampu menjadi wakil dari suatu populasi tertentu. Dengan begitu informasi mengenai responden bisa dianggap sebagai suatu  representasi populasi

5. Metode Deskriptif

Metode deskriptif ini sangat penting untuk mendeskripsikan suatu peristiwa, kejadian maupun gejala yang sedang terjadi saat ini. metode ini mempunyai suatu usaha demi mengambarkan suatu kejadian atau peristiwa.

Bahkan lebih dari itu, metode yang satu ini juga mampu mengidentifikasi mengapa, apa dan bagaimana suatu peristiwa atau fenomena bisa terjadi dimana prakteknya lebih ditekankan pada observasi di lapangan. Hal tersebut tentunya dilakukan tanpa perlakuan khusus

Jadi dalam observasi tidak ada yang namanya perlakuan khusus dan semuanya diperlakukan sama. Tak heran jika metode deskriptif menjadi salah satu metode yang penting dalam suatu penelitian karena mempunyai sifat yang objektif.

6. Metode Ekspos Facto

Metode penelitian yang satu ini mempunyai tujuan menemukan suatu masalah yang nantinya memungkinkan adanya perubahan perilaku dan fenomena. Fenome tersebut biasanya diakibatkan oleh suatu peristiwa yang mempunyai dampak pada perubahan variabel bebas

7. Metode Korelasional

Metode korelasional bisa diartikan sebagai suatu metode penelitian korelasi dimana penelitian tersebut dilakukan menggunakan cara yang masih berkaitan antara satu variabel engan variabel lainnya. Adapun hubungan antara veriabel dikenal juga dengan korelasi

Metode yang satu ini umumnya akan sangat cocok jika digunakan ketika melakukan peneloitian variabel-variabel yang kompleks dan rumit. Artinya penelitaian tak hanya dapat diselesaikan dengan menggunakan metode yang eksperimental saja.

Tujuan dari metode yang satu ini adalah demi mengetahui hubungan antar variabel yang ada. Selain itu untuk mengetahui juga suatu hubungan yang nantinya bisa menjadi bahan untuk diprediksi

8. Metode Historis

Metode Penelitian historis umumnya berfungsi untuk merekonstruksi informasi yang berasal dari peristiwa masa lalu secara objektif dan sistematis. Metode ini menggunakan cara mengumpulkan data, menilai kemudian membuktikan serta mensitesiskan bukti lapangan.

Tujuan melakukan hal tersebut adalah untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang kuat dalam hubungan antar hipotesis. Metode yang satu ini umumnya digunakan untuk penelitian para ilmuwan sosial yang mengajukan suatu pertanyaan tentang peristiwa masa lalu.

Selanjutnya mereka akan memberi dan emnemukan beberapa jawaban dari data yang telah dikumpulkan dan disusun dengan sedemikian rupa berdasarkan format dan paradigma yang berlaku

Dengan begitu suatu penelitian tersebut bisa menjadi sangat kritis pasa sebuah keadaan dan perkembangan sosial yang terjadi.bahkan pengalaman yang ada di masal lalu dan menimbang dengan penelitian nantinya bisa diinterpretasikan dengan baik.

Banyaknya pilihan Metode penelitian yang bisa digunakan diatas tentunya akan memudahkan kamu dalam melakukan proses penelitian. kamu hanya perlu memahami tujuan penelitian yang akan kamu lakukan saja supaya bisa memilih metode yang tepat.